3 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah

BEKASI, Indonesia — Membeli rumah ternyata tidak mudah, lho. Bukan hanya mengumpulkan dana, tapi masih banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan.

Bahkan setelah dana terkumpul pun untuk membeli tempat tinggal impian, ternyata enggak bisa langsung beli begitu saja. Pencarian tempat tinggal bisa sesulit mencari jodoh. Atau bahkan sesulit mencari asisten rumah tangga (ibu-ibu pasti ngerti).

Rumah yang akan kita beli ini bisa jadi akan kita tempati seumur hidup dan menua kelak. Jadi harus selain harus benar-benar sesuai dengan keinginan, ada aspek lain yang juga harus diperhatikan, di antaranya:

Surat kepemilikan

Ada berbagai jenis surat kepemilikan. Mulai dari sertifikat hak milik, hak guna bangunan, sampai Girik atau adat.

Dalam hal ini, hampir semua ahli properti menyarankan untuk memilih tempat tinggal dengan sertifikat kepemilikan SHM (Sertifikat Hak Milik) atau SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

SHM dan SHGB adalah sertifikat yang paling kuat karena tidak ada pihak lain yang bisa campur tangan atas kepemilikan tanah atau lahan tersebut.

Jadi, jika terjadi suatu masalah dengan tanah yang memiliki sertifikat SHM/SHGB, maka pemilik dengan nama yang tercantum dalam SHM/SHGB adalah pihak yang dianggap sebagai pemilik sah berdasarkan hukum.

Karena hal inilah, maka biasanya tanah bersertifikat SHM/SHGB adalah tanah dengan nilai yang paling tinggi. Tak hanya untuk investasi, tapi rumah yang dibangun di lahan bersertifikat SHM/SHGB juga lebih aman untuk dimiliki.

Asal usul lahan

Setelah meyakini sertifikat, cek juga latar belakang calon tempat tinggal kita. Dulunya tanah tersebut apa? Rawa? Tanah darat? Hal ini berpengaruh pada kebersihan air, rawan banjir atau tidak, dan seterusnya.

Pengembang properti

Belakangan ini dunia properti memang menggeliat. Di mana-mana kita bisa melihat pembangunan area perumahan, apartemen, dan sebagainya. Pengembang-pengembang yang sudah memiliki nama di Indonesia harus siap bersaing dengan pengembang properti baru yang tak kalah saing dengan mereka.

Salah satu pendatang baru di Indonesia adalah Indah Cemani Raya Spesialis Rumah Subsidi.

Indah Cemani Raya merupakan salah satu pengembang properti berskala Nasional yang telah sukses mengerjakan sejumlah proyek rumah Subsidi di Bekasi untuk membuktikan kiprahnya di industri properti. Kepercayaan yang telah berhasil dibangun oleh Indah Cemani Raya terlihat dari besarnya Respon Masyarakat yang ingin memiliki hunian Rumah Subsidi yang di bangun Indah Cemani Raya di setiap proyek yang dibangun.

Proyek teranyar mereka di Tambun Utara Bekasi, merupakan proyek besar dengan luas total 80Ha.

Menurut Purwati Eka Manajer Pemasaran Indah Cemani Raya, bukan hanya diperuntukan sebagai hunian tempat tinggal atau untuk berlibur, tetapi juga sebagai sarana pendukung perekonomian kota Bekasi.

Mengapa harus memilih pengembang terpercaya?

Banyak kasus di mana pembangunan sebuah apartemen, misalnya, terhenti entah karena apa padahal konsumen sudah menyetor sejumlah uang sebagai down payment kepada pengembang. Atau di lain kasus, ada yang ternyata apartemen yang sudah ditinggali sekian tahun, ternyata dibangun di lahan yang bermasalah secara kepemilikannya.

Tentunya hal ini akan merugikan kita sebagai konsumen, kan?

Bagaimana, makin repot ya membeli rumah atau tempat tinggal? Tapi percayalah, ketika sudah memiliki dengan berbagai cerita di baliknya, pasti akan ada bahagia yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *