Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing Dikebut, 2019 Beroperasi

BEKASI (Pos Kota) – Simpang susun Jalan Tol Cibitung-Cilincing, mulai digarap PT Waskita Karya, selaku kontaktor dan pengelola jalan tol yang membentang dari Cibitung hingga Pelindo II Cilincing.

“Sejak sebulan lalu kami sudah bekerja di sini,” jelas Eman Sulaeman, satu mandor yang mengerjakan jembatan pengubung di bundaran gate Cibitung, saat dihubungi Pos Kota Rabu (15/11).

Jalan Tol Cibitung-Cilincing itu sebelumnya sempat terjadi perubahan lokasi, karena ada beberapa bangunan yang sulit dibebaskan, karenanya ada pergeseran lokasi.

“Pembaruan penunjukan lokasi itu dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Heri Trisaputra Zuna, Kepala Baan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian PUPR.

Pembaruan penunjukan lokasi (penlok) tersebut berada di trase Cilincing atau wilayah administrasi DKI Jakarta dan sekarang sudah diselesaikan, “Hanya ada pergeseran. Karena memang di wilayah itu sudah ada bangunan, jadi digeser sedikit,” katanya.

Dia menuturkan, penetapan penlok untuk jalan tol sepanjang 34 kilometer (km) itu akan menentukan cepat atau lambatnya pembebasan lahan. “Kami belum bisa bebaskan lahan dan belum bisa membangun kalau itu belum ditetapkan makanya kita percepat segera,” ucapnya.

Adapun pekerjaan konstruksi akan dimulai tahun ini dan ditargetkan bisa beroperasi pada 2019. Jalan tol ini dibangun dengan investasi mencapai Rp 4,22 triliun meliputi empat seksi, yakni Seksi 1 Cibitung-Telagaasih sepanjang 2,96 km, Seksi 2 Telagaasih-Tembelang (9,41 km), Seksi 3 (Tembelang-Mekarjaya (13,09 km), serta Seksi 4 (Mekarjaya-Cilincing) sepanjang 8,56 km.

Jalan tol ini sebelumnya dimiliki oleh investor asal Malaysia melalui PT MTD CTP Expressway dengan porsi kepemilikan 55%. Selanjutnya, pada April 2017, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengumumkan pembelian saham jalan tol Cibitung-Cilincing dari Malaysia.

Sementara ini Jalan Tol Cibitung-Cilincing diharapkan dapat mengurangi beban angkutan barang dan kendaraan di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek yang melintasi kawasan Cawang.

Proyek knostruksi sudah dilakukan di simpang susun Cibitung dan menuju utara arah Telagaasih. Sejumlah pekerja dan beberapa alat berat sudah mangkal di putaran ke luar Cibitung. (saban/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *